Sabtu, 08 Agustus 2020

MORFOLOGI IKAN

 MORFOLOGI IKAN

(BENTUK LUAR TUBUH IKAN)


Ikan merupakan salah satu hewan dengan kandungan gizi yang tinggi, maka tidaklah heran hewan air ini menjadi favorit banyak orang. Bahkan di negara-negara maju seperti hal Jepang dan Korea, konsumsi ikan begitu tinggi. Barang kali itu yang menyebabkan otak mereka cerdas.

Pada umumnya ikan memiliki tiga bagian tubuh, meliputi:

Bagian Kepala (Caput)

Bagian badan atau caput meliputi dari ujung bagian insang belakang sampai permulaan sirip belakang. Bagian kepala ikan meliputi, mulut, mata, insang, tutup insang, otak serta hidung.

Bagian Badan (Trucus)

Bagian badan atau trucus merupakan bagian yang berada di tengah-tengah ikan, meliputi seluruh sirip yang dimiliki ikan hingga alat pencernaan dan organ dalam ikan. Seperti hati, jantung, empedu, usus dan lain sebagainya.

Bagian Ekor (Cauda)

Bagian ekor atau cauda merupakan bagian ujung paling belakan, yang memiliki fungsi sebagai alat pembantu dalam bergerak.

Pada bagian ini terdapat sirip ekor dan anus.

Pada dasarnya ikan memiliki tubuh yang berbeda dan variatif tergantung jenis ikan, misal ikan tampak biasanya memiliki ukuran tubuh yang cendrung lebih pendek dibandingkan dengan ikan laut.

contoh ikan air laut : ikan tuna

morfologi ikan, klasifikasi ikan, bagian tubuh ikan

morfologi ikan tuna

ikan tongkol memiliki sirip punggung pertama berjari-jari keras sebanyak 10 ruas, sedangkan yang kedua berjari-jari lemah sebanyak 12 ruas, dan terdapat enam sampai sembilan jari-jari sirip tambahan. Terdapat dua tonjolan antara kedua sirip perut. Sirip dada pendek dengan ujung yang tidak mencapai celah diantara kedua sirip punggung. Sirip dubur berjari-jari lemah sebanyak 14 dan memiliki 6-9 jari-jari sirip tambahan. Sirip-sirip kecil berjumlah 8-10 buah terletak di belakang sirip punggung


Contoh ikan air tawar : ikan mas

bagian tubuh ikan mas

Morfologi Ikan Mas

  • Ikan mas sendiri memiliki tubuh yang memanjang, ikan ini masih satu keluarga dengan ikan nila atau mujair. Memiliki tubuh yang sedikit pipih, serta bagian mulut terletak pada bagian tengah.
  • Sedangan untuk bagian mulut, ikan mas memiliki gigi kerongkongan yang terletak pada bagian atas.
  • Untuk sirip, ikan mas memiliki sirip memanjang, yang terletak pada permukaan bagian tubuh.
  • Ikan mas memiliki insang pada bagian depan, dengan pembagian 3 jenis yaitu, tukang lengkung insang, insang tapis, serta lembaran daun insang.
  • Terakhir, yaitu iakan mas ternyata tida memiliki lambung asli, hanya memiliki lambung palsu sebagai tempat menyimpan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar